Hack and Flashing Nokia 5800


Okay… this time i will explain how to hack the tube.. hehe.. *pakai bahasa inggris coy*, siapkan alat-alatnya dulu..eits.. tunggu dulu,  apa sih keuntungan melakukan hacking terhadap tube ini? Nah… nice question.. pernah tidak kejadian ketika akan meng-install aplikasi dan hasilnya sertifikat error, ini pertanda tube anda masih dibawah kawasan legal, jadi aplikasi illegal gak bakalan bisa di install, sedangkan aplikasi illegal itu gratis. Nah…  pertanyaan berikutnya adalah apakah efek sampingnya? Yang paling parah paling memory C anda akan penuh akibat menginstall semua aplikasi yang bagus.. hahaha….

Ini adalah cara flashing yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang, tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ketika dilakukan flashing, file firmware itu dapat di modifikasi. Dan hasil modifikasi firmware inilah yang akan memberikan efek berbeda untuk aplikasi yang ada di nokia. Pada hakikatnya ketika melakukan instalasi pada symbian itu hanyalah sebuah metode copy data ke memory dan itu disimpan pada folder sys dll. Teman-teman PNHT melakukan cara itu dan melakukan modifikasi pada file fpsx, sehingga rom patchernya sudah ikut terinstalasi ketika dilakukan flashing.

Okay, tanpa panjang lebar, kali ini hack yang akan dilakukan hanya berlaku pada firmware v40, coba cek firmware anda dengan menekan *#0000#. Nah, kalau cocok lanjut, kalau tidak tunggu hingga posting berikutnya buat firmware v50, hehe…

Pertama download dulu firmware yang akan digunakan, bisa makai navifirm atau download langsung ke situsnya, setelah selesai copy semua file tersebut ke “C:\Program Files\Common Files\Nokia\DataPackage\Products\RM-356\” kalau gak ada foldernya buat sesuai urutan diatas.

Lalu download file RM356_40.0.005_023_xxx_U01.uda.fpsx dan copy kan semuanya ke “C:\Program Files\Common Files\Nokia\DataPackage\Products\RM-356\” pastikan ada file yang ter-overwrite kalau tidak coba lihat apakah ada file yang berextensi .uda.fpsx lalu overwrite dan ubah namanya jadi RM356_40.0.005_003_U302.uda.fpsx. perhatikan pada folder RM-356 terdapat 7 file.

Lalu setelah itu jalankan JAF dan set opsi sesuai dengan gambar dibawah ini :

Klik pada MCU lalu browse ke folder RM-356 dan pilih file RM-356_40.0.005_prd.core.C00

Klik pada PPM lalu browse ke folder RM-356 dan pilih file RM-356_40.0.005_prd.rofs2.V22

Klik pada CNT lalu browse ke folder RM-356 dan pilih file RM-356_40.0.005_C01_prd.rofs3.fpsx

Klik pada APE lalu browse ke folder RM-356 dan pilih file

RM356_40.0.005_003_U302.uda.fpsx

sehingga tampilannya seperti yang dibawah ini :

Lalu sambungkan nokia 5800 ke pc dengan kabel usb, oh ya, dalam keadaan mati ya, dan pastikan baterainya cukup atau untuk amannya dalam keadaan full. Setelah di pasangkan, klik flash lalu akan ada peringatan dan opsi yes atau no, bersiap-siap, karena ini harus dilakukan dengan cepat, setelah klik yes, segeralah menghidupkan nokia 5800-nya, akan ada pemberitahuan bahwa nokia telah terdeteksi, dan biarkan hingga proses flashing selesai. Setelah selesai nokia akan melakukan booting dan setelah reboot, coba lihat di folder aplikasi/application, pastikan disitu ada rompatcher+, nah ini dia yang mem-bypass semua aplikasi illegal/tidak tersertifikasi itu, pilih autostart dan start. Sebelumnya copy-kan folder patcher ke memory card handphone dan restart nokia. thats it, done!. coba install aplikasi yang tadinya mengalami sertifikasi error, insyaallah bisa, dan kalau tidak coba perhatikan langkah-langkah yang diatas mungkin ada yang tertinggal atau salah, kalau ada pertanyaan silahkan.

2 thoughts on “Hack and Flashing Nokia 5800

  1. kalo’ aku nggak berhasil atau salah langkah waktu ngotak atik’nya .. bisa berdampak eror buat HP’ku nggak ?
    mau nyoba’ tapi takut salah ini -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s