Seminar Cisco Telepresence


22092010016 Hari ini rencananya akan gw dan beberapa teman yang lainnya akan mengikuti seminar cisco telepresence di gedung cisconya langsung. Awalnya berat juga sih mau pergi atau gak soalnya ada kuliah ntar siang. Setelah diputuskan untuk pergi akhirnya kuliah RPL di korbankan, haha… (gak bakalan bisa nitip absen deh, udah dicoba, dan gagal, XD). Perjalanan dimulai dari depok menggunakan taksi menuju gedung Artha.

Nah, setelah sampai, kami langsung bersiap ke lantai berapa gitu *lupa*, dan ternyata telat masuk hahaha… terpaksa dah di letakin paling belakang, gak pake duduk,  soalnya udah gak ada kursi. Seminarnya tentang sebuah teknologi komunikasi yang dibuat oleh cisco, sebuah teknologi hasil gabungan antara conference dan video call *kaya 3G-an gitu haha*. Karena masuk di pertengahan penjelasan, akhirnya informasi yang gw tangkap masih ngeblur, tapi intinya sih penjelasan bagaimana sistem itu bekerja dan apa kelebihannya, seperti sedang berjualan ya.. haha🙂.

Teknologi Cisco Telepresence ini sudah menggunakan encoding MP4 ckck… sebenarnya bisa HD sih, kata bapaknya, itu sangat mahal. MP4 gak tahu? itu loh yang di download dari youtube, versi bagusnya, kan FLV versi jeleknya nah MP4 versi bagusnya😀. Tadi sempat membayangkan, kalau Skype dan Video Call lain itu enkripsinya makai apa ya.. tapi kayaknya gak bagus sih, gambar videonya gak bagus-bagus amat, tapi apa mungkin cisco dapat membuat yang lebih bagus lagi? We’ll see..

Setelah panjang lebar sampai berbusa-busa laptopnya *lebay mode:on*, sampai juga di acara yang gw nanti-nanti, MAKAN SIANG!, haha.. lumayanlah buat hemat uang,

Acara selanjutnya adalah melakukan video telepresence ke filipina dan thailand, satu kata, WEW. Ketika kelompok gw masuk, sebuah layar dengan kaliber bioskop mini menghadang, haha… dan tampak ada beberapa orang menyapa kami. Ternyata mereka sama seperti kami, para murid cnap dari thailand. YUPS! Dan teleconference dimulai, ada tombol buat mute kalau mau gak ada pembicaraaan yang di dengar. Oh ya, sampai lupa, gambarannya mau tahu gak, pernah download film HD? nah, seperti itulah kualitas gambarnya dari sisi gw, walau kata bapaknya itu baru encoding MP4, dan satunya lagi yang mencengangkan adalah tidak adanya “Delay”, ckckck…. benar-benar gak ada delay, gokil gak tuh, dari thailand ke indonesia berapa jauh, dan tidak delay yang terasa, berapa gigs per detik dia pakai tuh ya.. haha…  keren abisss…. What I see is the future! itu yang sepintas terfikir dibatin gw.

Sebuah games yang menguji kemampuan packet tracer dan networking dilakukan di sela-sela conference kami, ditengah monitor tampak jurinya, tampaknya gak dari thailand, independent gitu. Dan hasil score terakhir kami (Indonesia) 0 dan mereka (Thailand) –200, haha..  ya iyalah, orang gw sebagai ketua tim main aman, haha,… ngambil point rendah, jadi kalau salah minus rendah juga, namanya juga permainan ada menang ada kalah, but its just for fun.

Setelah sesi teleconferencenya selesai kami dikumpulkan kembali, dan menemui si pemilik cisco tahun ini. Beliau dari India kelihatannya, namanya Sanjay Rohatgi, ya udah dapat sebuah motivasi yang sangat berharga dan pastinya dalam English. Hmm… ternyata beliau sudah banyak memegang perusahaan besar di berbagai negara, dan beliau tamatan Elektro di situ. Dan banyak lagi kejadian lainnya, haha.. gw tulis di blog ini buat iseng doang, gak ada niatan lain kok haha.., hitung-hitung nabung logs di internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s